Honda Kembangkan Detektor Untuk Pengemudi Mabuk

Berita Otomotif - Ada banyak sekali kasus kecelakaan yang disebabkan oleh pengemudinya yang mabuk. Nah, untuk dapat mengantisipasi hal tersebut, Honda Motor Co. Ltd akhirnya mengembangkan prototipe detektor alkohon yang bisa melihat level alkohon pengemudi dari hembusan nafasnya.

Honda Kembangkan Detektor Untuk Pengemudi Mabuk

Sebagaimana yang dilansir dari laman detik.com, Jumat (25/3/2016), alat itu adalah proyek kerjasama antara Honda dan Hitachi. Tujuannya untuk menghentikan pengemudi mobil yang mabuk agar ia bisa selamat dalam berkendara.

Detektor alkohon ini bisa dibawa kemanapun (portable) berbentuk layaknya handphone. Bukan Cuma itu, detektor ini juga dilengkapi dengan sensor yang bisa mendeteksi dan mengukur kadar alkohol para penggunanya. Hanya membutuhkan waktu tiga detik, kadar alkohon sudah bisa terdeteksi.

Lalu hasil detektor inilah yang akan terekam dan masuk ke dalam sistem mesin mobil. Bila detektor mendeteksi kadar alkohol yang sudah melampaui batas, maka indikator tersebut akan memberikan peringatan dilayar mobil.

Alat detektor alkohol sebenarnya sudah banyak digunakan oleh banyak negara, Jepang misalnya, untuk melihat kadar alkohol sang pengemudi dilakukan oleh operator transportasi yang sedang memantau alkohol detektor terseubt. Biasanya alat ini banyak digunakan oleh para pengemudi profesional sebelum mereka beraksi.

Hal serupa juga dilakukan oleh Badan Keselamatan Berlalu Lintas Amerika Serikat (NHTSA). Mereka telah meluncurkan teknologi interlock yang bisa menghubungkan detektor alkohon ke mesin kendaraan.
Honda Kembangkan Detektor Untuk Pengemudi Mabuk Honda Kembangkan Detektor Untuk Pengemudi Mabuk Reviewed by Unknown on 22.00.00 Rating: 5

Tidak ada komentar: